Monday, December 18, 2023

Strategi Hidup Frugal

Strategi Hidup Frugal di Tengah Arus Gaya Hidup Sosialita

21 July 2023 10:20

Frugal living bukan berarti memotong pengeluaran bulanan dan membuatmu menderita. Akan tetapi frugal living punya tujuan suci, yakni jalan untuk mencapai tujuan finansial. Frugal living adalah konsep hidup yang fokus pada prioritas keuangan dan mampu mengatur pengeluaran.

Seseorang yang ingin menerapkan gaya hidup frugal harus paham apa tujuan keuangan mereka dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Jadi dalam menjalani gaya hidup ini harus ada visi dan misi hidup, add list impian dan tujuan hidup di masa depan.

Frugal living ini yang menjadi strategi untuk mencapai visi keuangan tersebut. Gaya hidup ini tidak serta merta membuat seseorang dari makan 3 hari sekali menjadi 1 hari saja. Atau secara ekstrim berhemat seperti memotong anggaran bulanan misalnya Rp10 juta menjadi hanya Rp1 juta per bulan.

Ada langkah-langkah yang harus diterapkan dalam menjalani gaya hidup ini. Misalnya saja evaluasi pengeluaran selama ini, membuat prioritas dalam pengeluaran, bahkan dalam frugal living yang hemat kamu juga perlu investasi.

Ada beberapa metode atau strategi yang bisa kamu terapkan dalam menjalani frugal Living. Apa saja? 


Cash is King, Utang Harus Lunas!

1. Evaluasi dan Lacak Pengeluaran

Pertama, kamu harus tahu ke mana perginya uangmu selama sebulan. Pengeluaran apa saja yang selama ini membuat uangmu pergi. Kamu bisa mulai mencatat pemasukan dan pengeluaranmu di aplikasi yang menyediakan fitur anggaran. 

Cobalah dua bulan mencatat setiap pengeluaran, dan kamu bis amelakukan analisis serta pemetaan. Paling mudah adalah bisa mulai memilah berapa % untuk pengeluaran, berapa % untuk menabung, berapa % untuk hiburan, dan berapa % pemasukan anda untuk bayar cicilan.

Catatan ini bisa jadi modal awal untuk mengevaluasi pengeluaran. Setelah itu bisa mulai membangun prioritas pengeluaran dan mulai mencari pengganti dari pengeluaran yang kiranya boros.

Misalnya, pengeluaran paling besar adalah makanan. Kamu bisa mulai memasak untuk menghemat beberapa rupiah dari beli makanan di luar. Jika masak bagimu berat, kamu bisa gunakan jasa katering rumahan yang harganya bisa lebih murah ketimbang membeli makanan.

Atau kamu bisa berinvestasi dengan membeli mesin kopi seharga Rp1 jutaan dan tiap minggu mengeluarkan Rp100-150 ibu untuk membeli kopi bubuk atau kapsul kopi. Sehingga kamu bisa lebih hemat untuk membeli kopi seharga Rp40-50 ribu per gelas.


2. Lunasi atau Refinancing Hutang

Salah satu strategi lain untuk menghemat atau menjalani frugal living adalah mulai melunasi hutang-hutang mulai dari yang kecil. Dari mana uangnya? Bisa dari bonus tahunan atau bahkan merelakan Tunjangan Hari Raya yang dibagikan tiap tahunnya.

Jika belum cukup, kamu bisa melakukan refinancing hutang dengan cara melunasi hutang-hutang dengan bunga besar dengan hutang yang memiliki tingkat bunga rendah.

Misalnya kamu memiliki hutang pinjaman online yang bunga besar dan cicilan besar tiap bulannya. Kmau bisa melunasinya dengan pinjaman produk bank yang memiliki bunga pinjaman jauh lebih kecil sehingga beban tiap bulan tidak besar.


Investasi & Kontrol Belanjamu

3. Manfaatkan Diskon

Manfaatkan diskon-diskon atau potongan bisa jadi pilihan karena harga yang jauh lebih murah ketimbang jika membeli dengan harga normal. Salah satu contoh bisa dilakukan adalah membeli barang saat ada live di media sosial. Sebab harganya biasanya ada diskon hingga puluhan persen.

Atau ketika ada program dari pusat perbelanjaan seperti Transmart Full Day Sale akan dimulai pada 22 Juli 2023 sejak toko buka hingga pukul 22.00 WIB dengan promo-promo menarik diskon hingga 70%. Diskon seharian ini juga akan digelar di seluruh Transmart se-Indonesia.

Diskon ini berlaku untuk sejumlah produk, termasuk kebutuhan rumah tangga, aneka bahan-bahan pokok, hingga barang elektronik dan sepeda listrik.


4. Rencana Makan

Biasanya makanan jadi variabel pengeluaran terbesar dalam anggaran seseorang. Perencanaan makan dapat menghemat uang untuk makanan sekaligus menghilangkan pemborosan. Untuk merencanakan makan secara efektif, buka lemari es, freezer, dan dapur kamu dan lihat apa yang kamu miliki.

Cobalah merencanakan makanan berdasarkan apa yang sudah kamu miliki alih-alih membeli semua bahan. Misalnya, jika Anda memiliki sekotak pasta, bisa rencanakan memakan pasta dan hanya membeli bumbunya.

Makan makanan berdasarkan apa yang sudah kamu miliki menghemat uang dan memaksa Anda untuk menjadi kreatif. Punya sekotak telur dan tomat potong dadu? Buatlah hidangan shakshuka yang terinspirasi dari Timur Tengah. Punya roti dan daging giling? Membuat bakso buatan sendiri.


5. Investasi

Investasi adalah kunci untuk membangun kekayaan dan membuat uang Anda bekerja untuk kamu. Berivestasi bisa diinstrumen yang mampu mengalahkan inflasi untuk melindungi uangmu. Misalnya saja saham, reksa dana, atau Surat Berharga Negara (SBN).

Kamu harus mulai berinvestasi sesegera mungkin, karena waktu merupakan faktor penting untuk membangun'sarang telur yang kokoh' alias kekayaan.


Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230720120319-72-455834/strategi-hidup-frugal-di-tengah-arus-gaya-hidup-sosialita?page=all

No comments:

Post a Comment

Related Posts