Thursday, October 3, 2013

5 Langkah Menyelamatkan Uang Anda


(c) shutterstock.comWanita adalah sosok yang piawai dalam memegang uang. Namun wanita juga lekat dengan banyak aktivitas pembelian seperti shopping pribadi, keperluan rumah tangga, perawatan hingga tanpa sadar lembaran uang Anda sudah banyak berganti dengan lembaran bon belanja. Apalagi bila Anda sudah berkeluarga, banyak sekali tanggung jawab keuangan yang harus Anda atur.

Dilansir dari savvymiss.com, ada lima langkah konkrit yang bisa Anda lakukan untuk 'mengamankan' uang Anda dari pemborosan yang tidak perlu ataupun kekacauan karena Anda bingung yang mana yang harus diprioritaskan untuk dibelanjakan. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, dijamin Anda akan terselamatkan dari bokek di akhir bulan.

1. Tabungan pribadi
Bukan dari orang tua atau suami. Sebagai wanita mandiri, simpanlah uang untuk masa depan Anda. Milikilah satu rekening untuk belajar menabung. Bila Anda sudah terbiasa, pisahkan uang yang ditabung dengan uang untuk keperluan pribadi Anda di rekening yang lain. Sehingga Anda memiliki dua tabungan untuk simpanan dan keperluan harian.

2. Jangan ragu mengatakan tidak
Seringkali kita ditawari suatu barang dan hati kita berkata, "Tidak..tidak..tidak.." walaupun pada akhirnya mulut kita berkata, "Ya..ya..ya.." Well, Anda tidak perlu merasa bersalah untuk menolak beberapa tawaran pembelian atau ajakan nongkrong, Ladies. Bila Anda tidak merasa capable untuk melakukannya, Anda berhak menolak. Bukan menjadi kikir atau tertutup ya, melainkan lebih selektif agar pengeluaran Anda efisien.

3. Tentukan biaya mingguan Anda, bayar dengan uang tunai
Memiliki rincian keuangan memang penting, Ladies. Perkirakan Anda akan habis berapa banyak dalam seminggu, cermati di mana Anda rentan mengeluarkan uang yang tidak perlu, Bayar dengan tunai, ini akan menghindarkan Anda kehilangan rupiah dalam bentuk pajak ini dan itu.

4. Gali informasi seputar investasi
Mengapa wanita tidak banyak menginvestasikan uangnya seperti pria adalah karena kurangnya pengetahuan tentang hal tersebut. Anda bisa mulai mencari informasi dengan bertanya pada rekan Anda. Mungkin Anda tidak harus berinvestasi dalam bentuk uang, mungkin dalam bentuk barang. Namun tetap belajarlah pada mereka yang sudah ahli, karena selalu ada resiko dalam memutar uang Anda.

5. Usahakan tidak berhutang
Uang adalah perkara yang sensitif, Anda setuju? Selagi Anda mulai mengatur keuangan Anda, lebih baik tidak berhutang. Selain ini menambah beban pada program mengamankan keuangan Anda, bila Anda lengah, hal ini bisa membahayakan situasi Anda.

Menjadi wanita bijak salah satunya adalah tahu bagaimana mengatur dan menggunakan uang Anda. Jangan habiskan hari ini karena masih ada hari esok. Mungkin saat ini Anda tergiur model tas terbaru, tapi percayalah saat Anda sabar sedikit, beberapa bulan lagi Anda akan mendapatkan tas yang lebih update. Tetap hemat ya, Ladies

Sumber : vemale.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts