Sunday, March 31, 2024

Tugas dan Tanggung Jawab Cost Estimator

Estimator : Pengertian, Tugas dan Tanggung jawab, serta Skill yang Dibutuhkan

Estimator atau perencana biaya, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memperkirakan biaya proyek konstruksi yang direncanakan dalam hal tenaga kerja, peralatan dan bahan yang dibutuhkan.

Mereka biasanya bekerja untuk kontraktor konstruksi (yang membangun proyek) dan terlibat dalam tahap pra-konstruksi proyek pada tahap tender (di mana perusahaan konstruksi menawar pekerjaan tersebut, menyatakan berapa harga dan berapa skala waktu yang bisa diselesaikan. dia). Proyek dapat berupa bangunan baru atau pemeliharaan berkelanjutan atau pekerjaan perbaikan.


Tugas dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab tipikal estimator meliputi:

  1. Menganalisis rencana, tagihan jumlah dan dokumentasi proyek lainnya untuk memperkirakan biaya.
  2. Meneliti, mencari sumber, menegosiasikan, dan mendapatkan harga dan penawaran terbaik dari pemasok dan subkontraktor.
  3. Menganalisis data yang dapat memengaruhi biaya (seperti nilai tukar mata uang dan tingkat produktivitas perusahaan).
  4. Menilai risiko keuangan, teknis dan operasional proyek.
  5. Mengunjungi lokasi proyek untuk mengumpulkan informasi.
  6. Memiliki kesadaran akan teknologi konstruksi terbaru.
  7. Tetap up to date dengan persyaratan peraturan dan legislatif terbaru.
  8. Bekerja dengan anggota kunci tim proyek (seperti manajer penawaran) dan berhubungan dengan klien dan pemasok.
  9. Menyimpan catatan terperinci dan menulis laporan.


Perbedaan Estimator dan Surveyor Kuantitas

Perlu diketahui kalau profesi ini memiliki peran yang sedikit mirip dengan surveyor kuantitas. Perbedaan utama antara estimator dan surveyor kuantitas adalah bahwa surveyor kuantitas biasanya memiliki kewenangan yang lebih luas.

Jika mereka bekerja untuk konsultan (yang berkaitan dengan desain proyek), mereka akan membebankan biaya desain dan memberikan dokumen yang digunakan estimator (yang dipekerjakan di kontraktor) saat membuat estimasi. Jika surveyor kuantitas bekerja untuk kontraktor, mereka akan dilibatkan dalam mengukur dan memantau biaya aktual proyek seiring berjalannya waktu.

Estimator cenderung bekerja di lingkungan kantor dengan kunjungan sesekali ke lokasi konstruksi. Sesekali seorang estimator biasanya bekerja pada jam kantor, meskipun jam kerja yang lebih lama mungkin diperlukan dari waktu ke waktu. Ketika mereka maju dalam karier mereka, mereka mungkin berspesialisasi dalam jenis proyek (seperti perumahan atau utilitas) atau dalam jenis paket konstruksi tertentu (bagian dari proyek) atau disiplin, seperti ‘sipil’, pekerjaan dasar, mekanik atau interior.


Sumber :

https://www.loker.id/artikel/estimator-pengertian-tugas-dan-tanggung-jawab-serta-skill-yang-dibutuhkan

No comments:

Post a Comment

Related Posts