Saturday, November 8, 2014

Hemat ala Fresh Graduate


Saat pertama kali bekerja, tentunya Anda tak bisa mengharapkan perusahaan menggaji Anda seperti gaji para manager. Umumnya perusahaan memberikan gaji bagi para fresh graduate sesuai upah minimum regional (UMR).

Masalah muncul ketika Anda bekerja jauh dari rumah. Uang transportasi yang membengkak atau Anda harus kost adalah masalah finansial yang harus dipenuhi sementara gaji Anda harus dibagi untuk hal lain. Ingin berhemat? Beberapa hal kecil ini bisa membantu menghemat uang bulanan Anda lho.


  1. Tak semua perusahaan memberikan uang makan atau menyediakan katering. Bawalah sendiri bekal Anda dari rumah. Memasak sendiri jauh lebih menghemat dan menyehatkan.
  2. Bagilah uang Anda dalam pos-pos tertentu, misalnya: uang bensin, uang makan mingguan, uang belanja bulanan, uang untuk pulsa dan lain-lain. Taatilah penggunaan pos-pos keuangan ini.
  3. Jika Anda tinggal bersama teman di kost atau kontrakan, memasak bersama akan menghemat uang lebih banyak daripada membeli makan sendiri-sendiri.
  4. Manfaatkan promosi toko-toko. Biasanya Anda bisa mendapatkan produk kebutuhan sehari-hari dengan promo "buy 2 get 2" dan sebagaiknya. Manfaatkan hal ini.
  5. Ngopi di coffee shop bisa diganti dengan membuat kopi sendiri di rumah atau ganti kebiasaan dengan minum air putih. It's chep and better for you.
  6. Buatlah rekening berbeda untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Ini akan menghindarkan Anda dari godaan memboroskan uang.
  7. Ikutilah asuransi atau jaminan kesehatan. Jika Anda mengalami sakit, setidaknya pengeluaran Anda dapat di-cover dan tidak membuat Anda harus berhutang pada orang lain.
  8. Kumpulkan barang-barang yang masih layak pakai dan buatlah garage sale daripada membuangnya.



Sumber :
http://www.vemale.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts