Saturday, September 21, 2013

Tips Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

Tips Membuat Perencanaan Keuangan Keluarga

16-03-2013 diposkan oleh melindacare

Toko Perlengkapan Bayi, Ibu Hamil Online
   Setelah menikah tentunya Anda harus dapat mengelola keuangan bersama pasangan. Meski memiliki penghasilan sendiri-sendiri, namun tetap saja perencanaan keuangan keluarga harus dirancang bersama. Hal ini untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan menghindarkan perselisihan.
Masih bingung bagaimana mengatur keuangan keluarga? Berikut beberapa tips perencanaan keuangan keluarga yang dapat Anda terapkan bersama pasangan :
  • Membuat satu rekening bersama merupakan langkah awal untuk perencanaan keuangan keluarga.Sisihkanlah sebagian gaji perbulan untuk ditabungkan, jumlahnya bisa sama atau berbeda. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat menggunakan keuangan di dalam rekening tersebut, sesuai kesepakatan bersama.
  • Tentukan siapa yang akan membayar tagihan perbulan. Hal ini dapat Anda rencanakan pada pasangan yang memiliki penghasilan lebih besar.Perencanaan keuangan keluarga dapat berjalan dengan baik, jika Anda dan pasangan membuat daftar pengeluaran yang akan digunakan.
  • Anda juga dapat menyatukan semua penghasilan bersama pasangan, lalu membuat daftar apa saja yang akan dibutuhkan sebagai pengeluaran untuk membayar tagihan dan biaya hidup sehari-hari. Sisanya dapat ditabung, dengan membuat rekening bersama.
  • Jika hanya mengandalkan satu gaji, Anda dan pasangan tentu harus lebih hemat. Untukperencanaan keuangan keluarga dapat disesuaikan dengan penghasilan perbulan. Jika penghasilan suami tidak mencukupi, cobalah untuk membuka bisnis kecil-kecilan di rumah.
   Pada awalnya memang sedikit sulit bagi keluarga yang baru menikah, karena biasanya Anda bebas menggunakan gaji untuk kesenangan masing-masing. Namun, hal ini tidak akan sulit jika perencanaan keuangan keluarga dilakukan dengan baik, disiplin dan teratur. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Related Posts