Saturday, May 24, 2014

Sukses Mengatur Keuangan Keluarga


Manajemen keuangan adalah hal yang tidak kalah penting dalam sebuah keluarga. Bila tidak pandai-pandai mengaturnya maka berapapun pemasukan yang didapatkan akan tidak pernah cukup untuk kehidupan keluarga selama sebulan penuh. Berikut ini adalah tips mengatur keuangan keluarga agar mencukupi kebutuhan hidup seluruh anggota keluarga.

Mulailah dengan membuat rencana pemasukan dan pengeluaran. Catatlah berapa pemasukan yang diterima selama satu bulan penuh.

Sebelum mulai mencatat rencana pengeluaran, mulailah dengan pembayaran zakat atau pajak penghasilan. Setelah itu dahulukan untuk membayar hutang yang ada. Jangan pernah menunda untuk membayar hutang ke bank atau badan keuangan lainnya.

Sisihkan 10% dari total penghasilan untuk tabungan. Hal ini harus dilakukan sebelum membelanjakan penghasilan untuk hal-hal lain. Bila menunggu sampai akhir bulan utuk menabung sisa uang yang ada maka dapat dipastikan bahwa tidak akan ada uang yang tersisa.

Setelah itu baru buatlah daftar perkiraan pengeluaran selama sebulan penuh. Mulailah dengan pengeluaran bulanan yang sudah pasti seperti pembayaran listrik, air, gas, dan SPP anak perbulan.

Catat juga rencana pengeluaran sehari-hari misalnya untuk belanja bulanan, keperluan makan dan lain-lain. Jangan lupa sisihkan sebagian untuk hal-hal tidak terduga.

Setelah selesai membuat rencana pengeluaran, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran yang ada. Bandingkan antara rencana pengeluaran dan kenyataan sebagai bahan evaluasi kedepannya, sehingga tidak ada ketimpangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Sumber :
http://keluargasakina.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts