Wednesday, July 10, 2013

Strategi Keuangan Mudik


Kegiatan mudik tidak hanya sekedar perjalanan, jika tidak ada perencanaan yang matang, mudik bisa menjadi ajang yang mengecewakan. Semua kebutuhan mudik perlu disiapkan, mulai dari kendaraan, perlengkapan dan sebagainya.

Sedangkan yang paling penting yakni aspek keuangan, harus direncanakan jauh hari dan detail. Apalagi harga BBM baru saja naik dan dan disusul harga-harga lain. Berikut beberapa tips yang diberikan Toyota dalam situs resminya, Rabu (10/07).

Secara sederhana dana yang tersedia harus dibagi tiga yaitu biaya transportasi atau perjalanan, biaya kegiatan mudik dan biaya hidup paska mudik. Lebih aman jika ada penanggungjawabnya masing-masing, seperti uang transportasi dipegang ayah dan uang biaya kegiatan dipegang ibu, sedangkan untuk uang paska mudik disimpan di bank.

Jika ingin diperinci lagi secara mendetail, Anggaran transportasi, anggaran hadiah atau uang lebaran buat keluarga, rekreasi – termasuk makan di luar bersama keluarga besar dan lainnya. Perlu juga menyiapkan dana tak terduga minimal 10 persen dari total anggaran mudik.

Untuk mengatur keuangan mudik tersebut berikut tips yang bisa dijadikan acuan untuk mudik pada tahun 2013 ini:

Jangan menggunakan anggaran mudik dari gaji bulanan Anda yang biasanya diberikan bersamaan dengan THR oleh kantor. Ambillah dari THR dan tabungan mudik yang disisihkan tadi.

Pilih jenis transportasi perjalanan yang sesuai budget jauh-jauh hari. Bila Anda memiliki kendaraan pribadi akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan kendaraan umum.

Bawalah uang tunai secukupnya. Cukup disini artinya sesuai dengan keperluan yang sudah Anda hitung mulai dari berangkat, tiba di kampung hingga balik kembali.

Pada waktu di perjalanan, jangan menyimpan uang hanya pada satu tempat, misalnya beberapa uang di dalam tas anda dan yang lain di saku pakaian atau celana anda

Tetap bawa kartu ATM, kartu debet, kartu kredit atau cek perjalanan bila Anda takut membawa uang tunai yang besar. Kartu kredit untuk berjaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Misalnya, ada anggota keluarga yang sakit saat mudik, kartu kredit dapat menutupi biayanya.

Sumber: Otosia.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts