Sunday, November 5, 2017

Terbelit Hutang

Keluar dari Jebakan Utang

Apakah ada di antara Anda yang saat ini sedang terjebak atau terbelit dengan utang? Sudah berapa lama kira-kira Anda tidak dapat lepas dari utang ini? Setahun? Lebih dari dua tahun? Sepertinya selama-lamanya Anda tidak pernah lepas dari yang namanya utang. Bahkan utang seakan menjadi suatu keharusan agar dapat mencapai tujuan-tujuan keuangan.

Mau beli mobil, utang. Mau beli rumah, utang. Mau beli ponsel, utang. Bahkan untuk makan siang pun utang pakai kartu kredit. Well.. itu pilihan. Yang penting perhatikan rasio cicilan utang Anda. Jangan sampai lebih dari 30% dari penghasilan Anda, karena apabila lebih dikuatirkan keuangan Anda akan terganggu.

Jadi jika Anda saat ini terbelit utang yang tak ada habisnya dan Anda ingin bebas dari yang namanya utang, berikut beberapa langkah agar Anda bisa keluar dari jebakan utang:

1. Daftar seluruh utang Anda
Buka laptop Anda, buat tabel di spreadsheet. Daftarlah utang-utang Anda yang masih ada. Kepada siapa Anda berutang. Berapa jumlah saldo utang yang masih tersisa. Berapa besar bunganya per tahun. Berapa besar Anda membayar cicilannya. Dan sampai kapan Anda membayarnya.

2. Bayar utang dengan bunga paling tinggi terlebih dulu
Setelah Anda membuat list utang dengan rapi dan baik. Silakan diurutkan dari yang paling besar bunganya terlebih dulu. Tampilkan utang tersebut di urutan paling atas. Maka utang itulah yang harus Anda fokuskan untuk dilunasi paling awal. Lakukan seterusnya hingga seluruh utang lunas.

3. Jangan Tambah Utang Anda
Selama Anda melakukan program membebaskan diri dari jebakan utang ini. Tolong.. jangan tambah utang Anda. Jika Anda masih mengalami kesulitan, maka kurangi pengeluaran Anda dengan berbagai cara. Bisa juga Anda mencari tambahan pendapatan lain. Yang penting jangan tambah utang Anda. Boleh saja Anda melakukan gali lubang tutup lubang, namun utang baru yang Anda ambil jumlahnya tidak boleh melebihi utang yang ada, serta bunganya harus lebih rendah.

Jika seluruh belitan utang Anda sudah lepas dan rasio keuangan Anda sudah membaik, maka silakan berutang kembali (kalau mau) dengan pertimbangan masak dan tentunya sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pembayaran Anda.

Utang tidak semudah dan sesimpel yang selama ini sering dibahas di mana-mana. Itulah sebabnya banyak orang terjerat utang.


Sumber :
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3702077/keluar-dari-jebakan-utang

No comments:

Post a Comment

Related Posts