Thursday, March 30, 2017

Tips Perencanaan Keuangan dari Warren Buffett

Belajar Keuangan Dari Ahlinya, Warren Buffett
Tung Desem Waringin - detikFinance

Seorang investor sukses dan pengusaha asal Amerika Serikat bernama Warren Buffett. Namanya masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia. Namun, miliuner yang membeli saham pertamanya saat berusia 11 tahun ini justru dikenal dengan kesederhanaannya. Berikut adalah 10 tips keuangan ala Warren Buffett:

1. Hemat
Menurutnya, belanja secara berlebihan, membeli barang yang tidak ada gunanya, hanya akan membuat Anda bangkrut. Mulai sekarang, cobalah untuk belanja cerdas dengan mencari promo, penawaran kupon, dan lain sebagainya.

2. Butuh Proses
Saat Anda memasuki usia 40 tahun, bukan berarti Anda harus memiliki kekayaan seperti rumah yang besar, tiga mobil mewah, dan saldo tabungan miliaran rupiah. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat kestabilan ekonomi dengan tujuan jangka panjang dan pemahaman bahwa kekayaan membutuhkan waktu.

3. Menabung
Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Menabung merupakan proses penuh perjuangan dan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Lakukanlah secara rutin dan jadikan sebagai prioritas.

4. Belajar dari Kesalahan
Pengalaman adalah guru terbaik. Pada usia 40 tahun, Anda memiliki pengalaman hidup yang cukup untuk memahami kesalahan keuangan yang telah diambil. Apakah Anda terlalu boros, banyak utang atau terlalu mengandalkan kartu kredit? Sadarilah sedini mungkin supaya kebiasaan buruk tersebut tidak berujung hingga hari tua.

5. Batasi Utang
Kendalikan uang Anda secara cerdas dan disiplin. Bijaksanalah ketika ingin berutang dan membayar cicilan, supaya Anda berpeluang mendapat pinjaman dengan bunga rendah.

6. Berinvestasi
Orang yang tidak mengenal investasi mungkin akan berpikir bahwa pasar saham terlalu berisiko. Itu adalah mitos. Jika Anda ingin memperluas portofolio di luar tabungan dan rekening pensiun, mulailah untuk belajar berinvestasi.

7. Segera Bayar Utang
Warren Buffett pernah melayangkan surat kepada pemegang saham perusahaan miliknya, yakni Berkshire Hathaway. Surat tersebut berisikan, "Hal paling penting ketika Anda menemukan diri dalam lubang adalah berhenti menggali." Jika Anda berutang di usia 20-an dan 30-an, mulailah berkomitmen untuk menghapusnya ketika memasuki usia 40 tahun.

8. Uang tidak memberikan kebahagiaan
Warren Buffett memiliki kekayaan yang membuat hidupnya menyenangkan, tapi banyak pula kekayaan yang membuat dirinya tidak senang. Menurutnya, aset yang paling berharga adalah kesehatan dan teman. Anda tidak perlu menghabiskan seluruh hidup untuk khawatir tentang uang.

9. Jangan Membandingkan dengan Orang Lain
Ketika orang lain terlihat memiliki kehidupan yang lebih baik dari Anda, janganlah rendah diri. Sikap itu hanya akan menyebabkan kerusakan pada pola pikir Anda. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu, tujuan hidup Anda akan lebih mudah tercapai.

10. Yang Tahu Kondisi Keuangan adalah Diri Sendiri
Sebenarnya, para ahli keuangan tidak tahu kondisi keuangan Anda, kecuali diri Anda sendiri. Namun, Anda bisa menjadikan saran mereka sebagai motivasi untuk kehidupan yang lebih baik. Berhenti membandingkan prestasi keuangan Anda dengan orang lain, dan lakukan langkah terbaik untuk hidup Anda.


Sumber :
https://finance.detik.com/perencanaan-keuangan/d-3458900/belajar-keuangan-dari-ahlinya-warren-buffett

No comments:

Post a Comment

Related Posts